Kalah Dari Guinea, Timnas Indonesia U-23 Gagal Menuju Olimpiade Paris 2024

Kalah Dari Guinea, Timnas Indonesia U-23 Gagal Menuju Olimpiade Paris 2024

Timnas Indonesia U-23 terpaksa harus menerima kenyataan bahwa mereka gagal meraih tiket Olimpiade di Paris 2024. Kepastian tersebut sudah jelas setelah mengalami kekalahan dengan skor 0-1 pada laga playoff bertemu dengan lawan Guinea U-23 di digelar di Stade Pierre Pibarot, Kamis 9/5/2024 malam WIB.

Indonesia yang sempat mencoba mengancam pertahanan Guinea dengan beberapa serangan, akan tetapi usaha mereka belum membuahkan hasil seperti yang diharapkan. malahan Guinea U-23 yang berhasil mencetak gol duluan lewat eksekusi penalti yang diambil oleh Ilaix Moriba pada babak pertama, dikarenakan pelanggaran yang dilakukan oleh Witan Sulaeman pada area penalti.

Dengan ketinggalan skor 0-1, tak membuat anak asuh Shin Tae-yong pantang menyerahdan mereka mencoba keras untuk mencari gol balasan, namun barisan pertahanan Guinea cukup kuat dalam menahan serangan dari anak Garuda Muda.

Upaya terus dilakukan oleh Marselino Ferdinan dan Pratama Arhan, masih juga tidak sanggup untuk menyamakan kedudukan. Beruntung bagi kubu Indonesia U-23, Ernando Ari, kiper mereka, tampil sangat baik dan mampu menahan beberapa ancaman serangan dari Guinea di babak kedua.

Kegagalan ini mungkin saja bisa terhindar jika Video Assistant Referee (VAR) digunakan, karena Sebagian keputusan wasit yang tidak memihak Indonesia dalam beberapa insiden pelanggaran yang terjadi di luar area kotak penalti.

Penalti yang kedua yang diberikan untuk Timnas Guinea U-23 juga menjadi kontroversi, dengan eks wasit FIFA, Fariq Hitaba, tidak sepakat dengan keputusan wasit yang menganggap bahwa Alfeandra Dewangga melakukan pelanggaran.

Keterlaluannya dalam memberikan penalti, serta tidak adanya VAR yang digunakan dalam pertandingan tersebut, membuat keputusan wasit tidak dapat dianulir, sehingga Indonesia gagal meraih tiket Olimpiade Paris 2024.

Reaksi pemain Timnas Indonesia U-23 setelah kalah dari Guinea dalam play-off Olimpiade 2024 terlihat sangat keras. Mereka sempat memprotes keputusan wasit yang dianggap sangat tidak adil, terutama penalti kedua yang diberikan kepada Guinea. para pemain Indonesia menunjukkan rasa kekecewaan mereka yang berat dan frustrasi karena keputusan wasit di pertandingan tersebut.

Diterbitkan oleh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *